Blog
adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah website yang isinya dapat
di update secara reguler. Selain itu, blog juga memungkinkan pengunjung untuk
berkomentar. Blog juga dapat dipakai untuk banyak kegiatan, seperti untuk
dijadikan buku atau catatan harian online, maupun untuk menulis artikel seperti
halnya koran digital. Pada umumnya blog berbasis teks, walaupun ada juga blog
yang berbasis foto, berbasis video, audio, dan sebagainya.
Blog ini membantu PR
dalam membangun citra positif perusahaan yaitu membantu dalam memperkenalkan profil, serta produk perusahaan.
Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Salah
satu fungsi blog bagi masyarakat yaitu dapat memberika informasi mengenai apa
yang diinginkan masyarakat sebagai sasaran dari suatu perusahaan. Dimana dengan
Blog juga perusahaan dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Melalui
blog,kita dapat tahu langsung apa yang diinginkan oleh pelanggan,yaitu dilihat
dari komentar yang masuk di blog,baik itu saran,kritik,maupun kepuasan atau
kekecewaan pelanggan terhadap produk dari perusaan.
manfaat blog sebagai media PR
dibandingkan dengan media lainnya adalah :
·
Untuk
penyampaian informasi mengenai suatu perusahaan
·
Mempermudah
dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan sehingga mengetaui kemauan atau
keinginan pelanggan.
·
Memperkenalkan
identitas suatru perusahaan agar dikenal oleh para pengguna media social khususnya
blog.
·
Membangun
produk atau brand image
·
Menjaga
dialog pelanggan
·
Memperlihatkan
Kemampuan Perusahaan
·
Meningkatkan
Penjualan
·
Memperbaiki
Kesalahan Perusahaan
·
Menciptakan
citra yang baik suatu perusahaan
Itu merupakan
beberapa manfaat blog bagi seorang Public Relations.dimana seorang PR
harus dapat mempergunakan sebaik-baiknya jejaring sosial untuk
mempermudah dia dalam menjalankan tugas serta fungsi sebagai seorang
Public Relations.
adapun Menurut McQuail, situs jejaring sosial memiliki beberapa kelebihan, yakni :
- Interactivity,
kemampuan sifat interaktif yang hampir sama dengan kemampuan interaktif
komunikasi antarpersonal,
- Social presence
(sociability), yaitu berperanan besar membangun sense of personal contact
dengan partisipan komunikasi lain,
- Media
richness, yaitu menjadi jembatan bila terjadi perbedaan kerangka referensi,
mengurangi ambiguitas, memberikan isyarat-isyarat, serta lebih peka dan lebih
personal,
- Autonomy, yaitu
memberikan kebebasan tinggi bagi pengguna untuk mengendalikan isi dan
penggunaannya. Melalui media tersebut, peserta komunikasi dapat bersikap
independen terhadap sumber komunikasi,
- Playfulness, yaitu
sebagai hiburan dan kenikmatan,
- Privacy, yaitu
fasilitas yang bisa membuat peserta komunikasi menggunakan media dan isi sesuai
dengan kebutuhan,
- Personalization, Kelebihan terakhir itu menekankan bahwa isi pesan dalam
komunikasi dan penggunaannya bersifat personal dan unik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar