Minggu, 02 Juni 2013

Fungsi Blog Bagi Public Realitions

Blog adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah website yang isinya dapat di update secara reguler. Selain itu, blog juga memungkinkan pengunjung untuk berkomentar. Blog juga dapat dipakai untuk banyak kegiatan, seperti untuk dijadikan buku atau catatan harian online, maupun untuk menulis artikel seperti halnya koran digital. Pada umumnya blog berbasis teks, walaupun ada juga blog yang berbasis foto, berbasis video, audio, dan sebagainya.
Blog ini membantu PR dalam membangun citra positif perusahaan yaitu membantu dalam  memperkenalkan profil, serta produk perusahaan. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Salah satu fungsi blog bagi masyarakat yaitu dapat memberika informasi mengenai apa yang diinginkan masyarakat sebagai sasaran dari suatu perusahaan. Dimana dengan Blog juga perusahaan dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Melalui blog,kita dapat tahu langsung apa yang diinginkan oleh pelanggan,yaitu dilihat dari komentar yang masuk di blog,baik itu saran,kritik,maupun kepuasan atau kekecewaan pelanggan terhadap produk dari perusaan.
manfaat  blog sebagai media PR dibandingkan dengan media lainnya adalah :
·         Untuk penyampaian informasi mengenai suatu perusahaan
·         Mempermudah dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan sehingga mengetaui kemauan atau keinginan pelanggan.
·         Memperkenalkan identitas suatru perusahaan agar dikenal oleh para pengguna media social khususnya blog.
·         Membangun produk atau brand image
·         Menjaga dialog pelanggan
·         Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
·         Meningkatkan Penjualan
·         Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
·         Menciptakan citra yang baik suatu perusahaan  
Itu merupakan beberapa manfaat blog bagi seorang Public Relations.dimana seorang PR harus dapat mempergunakan sebaik-baiknya jejaring sosial untuk mempermudah dia dalam menjalankan tugas serta fungsi sebagai seorang Public Relations.
adapun Menurut McQuail, situs jejaring sosial memiliki beberapa kelebihan, yakni :
- Interactivity, kemampuan sifat interaktif yang hampir sama dengan kemampuan interaktif komunikasi antarpersonal,
-  Social presence (sociability), yaitu berperanan besar membangun sense of personal contact dengan partisipan komunikasi lain,
- Media richness, yaitu menjadi jembatan bila terjadi perbedaan kerangka referensi, mengurangi ambiguitas, memberikan isyarat-isyarat, serta lebih peka dan lebih personal,
- Autonomy, yaitu memberikan kebebasan tinggi bagi pengguna untuk mengendalikan isi dan penggunaannya. Melalui media tersebut, peserta komunikasi dapat bersikap independen terhadap sumber komunikasi,
-   Playfulness, yaitu sebagai hiburan dan kenikmatan,
-  Privacy, yaitu fasilitas yang bisa membuat peserta komunikasi menggunakan media dan isi sesuai dengan kebutuhan,
- Personalization, Kelebihan terakhir itu menekankan bahwa isi pesan dalam komunikasi dan penggunaannya bersifat personal dan unik.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar