Kehadiran internet membuat seolah dunia
tanpa batas. Hal tersebut memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk
dapat berkomunikasi dan memperoleh informasi tanpa adanya batasan ruang
dan waktu. Kemudahan yang berdampak pada setiap lini kehidupan manusia,
salah satunya adalah kegiatan public relations. Ditambah dengan kehadiran berbagai varian dari internet, antara lain social media atau media sosial mempermudah mereka untuk berkomunikasi dengan publik. Ledakan gelombang social media membawa kita pada sebuah bentuk baru komunikasi.

Apa dan Mengapa Media Sosial?
Media sosial merupakan sebuah media berbasis internet yang menggabungkan berbagai fitur seperti instant messenger, blogging, bersifat dinamis dan memungkinkan interaksi dan umpan balik di antara penguna[1].
Bisa dikatakan bahwa media social adalah sebuah kekuatan baru dalam
mendukung kegiatan public relations. Mengapa demikian? Media sosial
membawa informasi mengalir seperti air. Setiap orang dapat mengakses
ribuan bahkan jutaan informasi yang dibawa oleh media sosial tersebut,
baik melalui facebook, blog, dan twitter yang adalah jenis dari
media sosial. Hal tersebut tentunya membawa peluang tersendiri untuk
mengetahui apa yang dibutuhkan oleh publik.
Selain itu, karena sifatnya yang dinamis
dan interaktif, maka publik pun dapat menyuarakan tentang baik buruknya
sebuah produk atau layanan dari sebuah perusahaan. Ketika seseorang
menilai buruk sebuah brand dari perusahaan tertentu dalam media
sosial, maka hal itu membawa potensi bagi orang lain untuk
mengetahuinya dan selanjutnya menyebar dengan begitu cepat. Jika
perusahaan tidak tanggap dan berpartipasi dalam media sosial, maka
perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk menyampaikan pesan dan
mengkomunikasikan betapa bernilainya brand yang dipunyai.
Kegiatan Public Relations dalam Media Sosial
Cara kerja media sosial berbeda dengan
media tradisional. Media sosial tidak membutuhkan sebuah skenario untuk
dapat menarik khalayaknya karena media sosial merupakan media online
yang konten utamanya diisi oleh publik. Oleh sebab itu bahasa yang
digunakan bukanlah bahasa formal sebagaimana bahasa jurnalistik atau
siaran pers. Di sinilah public relations harus dapat memanfaatkan
peluang untuk dapat berkomunikasi dengan konsumennya. Oleh karena public
relations tidak hanya harus pandai berhubungan dengan media, tetapi
juga fasih untuk berhubungan langsung dengan konsumen. Public Relations
hendaknya melibatkan konsumen dalam percakapan yang dapat memberi nilai
lebih terhadap brand suatu perusahaan atau terhadap konsumen itu
sendiri.
Konsumen atau khalayak tersebut
merupakan publisher baru yang akan berfungsi sebagai pembawa pesan baik
buruknya brand, citra dan promosi sebuah perusahaan. Dengan demikian
public relations di era digital ini tidak lagi mengelola jurnalis namun
mengelola publisher sekaligus konsumen mereka. Konsumen ini akan
menuliskan pengalaman baik dan buruknya mereka ketika menggunakan produk
atau layanan perusahaan tertentu dalam media sosial. Dan bisa
dipastikan bahwa tulisan tersebut akan tersebar luas secara cepat.
Mensukseskan Public Relations dalam Media Sosial
Menurut Pamela Seiple dalam How to Leverage Social Media for Public Relations Success
(2010: 4-21) mengatakan, ada beberapa taktik yang perlu digunakan untuk
suksesnya sebuah kegiatan public relations di media sosial, yaitu:
1. Membangun koneksi dengan influencer di media sosial
Tujuannya adalah membangun komunikasi
dengan para influencer, seperti blogger untuk memastikan mereka mengenal
baik produk atau layanan perusahaan agar tetap mendapat
perhatian. Beberapa jenis media sosial yang dapat digunakan untuk
membangun koneksi adalah:
- Facebook and Lindkeln
- Blog
- Melemparkan topic tertentu dalam media sosial
Misalnya dengan mengundang para
influencer di atas untuk hadir dalam sebuah event menarik yang
diselenggarakan oleh perusahaan atau mengirimkan tawaran untuk mencoba
produk dan layanan dengan gratis. Hal tersebut dimaksudkan agar para
influencer tersebut menuliskan review atau membuat tulisan berkenaan
dengan produk atau layanan tersebut, sehingga membantu perusahaan dalam
membangun image dan positioning product.
2. Membuat konten menarik dalam kampanye PR untuk mendapatkan hasil maksimal.
Membuat video menarik berkaitan dengan
brand, produk dan layanan serta mengirimkan link melalui twitter,
facebook, dan media sosial lainnya. Selain itu membuat tagline yang
mudah diingat sebagai karateristik brand anda dan menyebarkannya melalui
media sosial.
Pemanfaatan media sosial dengan baik,
akan membantu suksesnya penyelenggaraan kegiatan public relations sebuah
perusahaan. Media sosial merupakan kendaraan hebat untuk membawa dan
menyebarkan pesan akan citra,brand atau layanan kepada jutaan konsumen
dunia maya. Selain membantu dalam promosi, media sosial juga memberikan
keuntungan tersendiri dalam mengelola kegiatan public relations dan
bisnis anda.
Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizon, 2010ditulis oleh: Gita Sudjarwo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar